|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PGSD S1
STKIP SUAR BANGLI
|
1
|
Nama
Mata Kuliah
|
:
|
Kewirausahaan
|
|
2
|
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
MKB0116
|
|
3
|
Semester
|
:
|
V
|
|
4
|
Bobot
(sks)
|
:
|
2
|
|
5
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
I Nyoman
Sudirman, S.Pd, M.Pd
|
|
6
|
Capaian
Pembelajaran
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah kewiraausahaan
mahasiswa akan dapat memahami, menerapkan dan menjadikan pola hidup
berwirausaha dengan kemampuan berkomunikasi, memimpin dan menerapkan
manajemen usaha dalammengelola usahanya dengan baik dan benar.
|
|
7
|
Bahan
Kajian
|
:
|
1. Wirausaha dan Impian
|
|
2. Karakteristik Wirausaha
|
||||
3. Menentukan Peluah Usaha
|
||||
4. Ketegasan Dalam Aspek Produksi
|
||||
5. Komunikasi
|
||||
6. Kepemimpinan
|
||||
7. Motivasi
|
||||
8. Kreatifitas dan Inovasi
|
||||
9. Penetapan produk Unggul dan
manajemen Inovasi
|
||||
10. Pemasaran
|
||||
11. Menjual Kepada Konsumen
Korporasi
|
||||
12. Menajemen Keuangan Usaha
|
||||
13. Evaluasi Kerja
|
||||
14. Aspek Organisasi dan Menajemen
bisnis
|
8.
Acara Pembelajaran
Minggu
ke-
|
Kemampuan
Akhir yang Diharapkan
|
Bahan
Kajian
|
Strategi
/ Metode Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kriteria
(Indikator) Capaian
|
Instrumen
Penilaian /Assessment
|
Bobot
Penilaian
|
Pustaka/
Literatur
|
|
9
|
10
|
11
|
12
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
|
1
|
Mahasiswa menguasai
pemahaman tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya melalui proses
pembelajaran dengan bahan kajiannya selama satu semester
|
RPS, SAP,
kontrak perkuliahan dan Instrumen asessment
|
· Pemaparan
di kelas dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
· Penugasan
terstruktur: Membuat narasi esay tentang CP mata kuliah dan peran mahasiswa
dalam pembelajaran
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
menjelaskan dengan baik tentang CP, proses pembelajaran dan perannya dalam
pembelajaran untuk mencapai CP.
|
Rubrik
Holistk
|
5%
|
||
2
|
Mahasiswa memahami tentang wirausaha
dan impian
|
Wirausaha dan
impian
|
· Diskusi
kelompok.dan preentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa
menjelaskan dengan baik tentang wirausaha dan impian
Mahasiswa
bekerja dalam team (kelompok) dengan baik
|
Ruprik persentasi dan Quiz
di akhir kelas
|
10%
|
Modul kewirausahaan
|
|
3
|
Mahasiswa memahami tentang karakter
wirausaha
|
Karakter
wirausaha
|
· Diskusi
kelompok.dan presentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa menjelaskan karateristik
wirausaha
|
Rubrik
presentasi dan quis di akhir kelas
|
Modul kewirausahaan
|
||
4
|
Mahasiswa mampu menentukan peluang
usaha
|
Menentukan peluang
usaha
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mampu membaca peluang usaha
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
10%
|
Modul kewirausahaan
|
|
5
|
Mahasiswa mampu mengambil keputusan ketegasan dalam aspek
produksi
|
Ketegasan dalam
Aspek Produksi
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mampu mengampil ketegasan
keputusan dalam aspek produksi
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
|||
6
|
Mahasiswa mampu
melakukan komukasi dengan baik
|
komunikasi
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa dapat melakukan komunikasi
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul kewirausahaan
|
|
7
|
UTS
|
15%
|
|||||||
8
|
Mahasiswa memahami tentang kepemimpinan
|
Kepemimpinan
|
· Pemaparan
dan diskusi serta presentasi kelompok
dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mempu menjadi seorang
pemimpin
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
10%
|
Modul kewirausahaan
|
|
9
|
Mahasiswa memahmi tentang motivasi
|
motivasi
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa dapat menumbuhkan motivasi
.
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
|||
10
|
Mahasiswa memahami
tentang kreatifitas dan inovasi
|
Kreativitas dan inovasi
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa memahami
kreatifitas dan inovasi
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
10 %
|
Modul kewirausahaan
|
|
11
|
Mahasiswa memahami
tentang penetapan produk unggul dan manajemen
|
Penetapan dan
produk unggul dan menajemen
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa mampu
menetapkan produk unggul dan manajemen
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
Modul kewirausahaan
|
||
12
|
ahasiswa mamahami tentang pemasaran
|
Pemasaran
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa dapat
melakukan pemasaran
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul kewirausahaan
|
|
13
|
Mahasiswa
memahami tentang menjual kepada konsumen korporasi
|
menjual kepada
konsumen korporasi
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mampu
menuual kepada konsumen korporasi
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul kewirausahaan
|
|
14
|
Mahasiswa mampu
melakukan Menajemen Keuangan usaha
|
Menajemen
Keuangan usaha
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa dapat
melakukan menajeman keuangan usaha
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul kewirausahaan
|
|
15
|
Mahasiswa dapat
melakukan Evaluasi Kinerja
|
Evaluasi Kinerja
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa dapat
melalukan Evaluasi Konerja
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul kewirausahaan
|
|
16
|
UTS
|
15 %
|
|||||||
Daftar Rujukan
- Modul dikti alamat :
http://www.umsida.ac.id/tinymcpuk/gambar/file/Buku-Modul-Kuliah-Kewirausahaan.pdf
- Sudirman blog alamat : http://sudirmanbayunggede.blogspot.co.id
- Jafrial jasman & Eddy
Yatman (2013) 99 detik Jadi Pengusaha, Jakarta:Grenmedia
Bangli 20 September 2016
Prodi PGSD S1
I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd
NIDN. 0815108301
Tidak ada komentar:
Posting Komentar