Minggu, 25 September 2016

Rencana Pembelajaran Semester Antropologi Pendidikan

Description: logo STKIP1 Final
 



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PGSD S1STKIP SUAR BANGLI


1
Nama Mata Kuliah
:
Antropologi Pendidikan
2
Kode Mata Kuliah
:
MKBO113
3
Semester
:
V
4
Bobot (sks)
:
2
5
Dosen Pengampu
:
I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd
6
Capaian Pembelajaran
:
Setelah mengikuti mata kuliah antropologi pendidikan mahasiswa akan memahami konsep dasar antropologi pendidikan serta dapt di jadikan bahan kajian dalam proses mengajar di SD
7
Bahan Kajian
:
1.       Hakikat antropologi dan Pendidikan

2.       Antropologi Pendidikan sebagai ilmu sosial

3.       Konsep pendidikan dalam perspektif antropologi

4.       Ruang lingkup kajian antropologi pendidikan

5.       Hakikat fungsi kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa

6.       Pendekatan antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan

7.       Etnografi dan masalah aneka warna manusia



8. Acara Pembelajaran
Minggu ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
Strategi / Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kriteria (Indikator) Capaian
Instrumen Penilaian /Assessment
Bobot Penilaian
Pustaka/
Literatur
9
10
11
12
14
15
16
17
18
1
Mahasiswa menguasai pemahaman tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya melalui proses pembelajaran dengan bahan kajiannya selama satu semester
RPS, SAP, kontrak perkuliahan dan Instrumen asessment
·   Pemaparan di kelas dan diskusi kelompok.
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya
·   Penugasan terstruktur: Membuat narasi esay tentang CP mata kuliah dan peran mahasiswa dalam pembelajaran
2 x 50 menit


Mahasiswa menjelaskan dengan baik tentang CP, proses pembelajaran dan perannya dalam pembelajaran untuk mencapai CP.

Rubrik Holistk
5%

2
Mahasiswa memahami hakikat antropologi dan pendidikan
hakikat antropologi dan pendidikan
·   Diskusi kelompok.dan preentasi serta feedback dalam kelas
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan

2 x 50
menit




Mahasiswa dapat memahami hakikat antropologi dan pendidikan

Ruprik persentasi dan Quiz di akhir kelas





20%
buku
3-4
Mahasiswa memahami tentang Antropologi Pendidikan sebagai ilmu sosial
Antropologi Pendidikan sebagai ilmu sosial
·   Diskusi kelompok.dan presentasi serta feedback dalam kelas
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya

2 x 50
menit




Mahasiswa dapat memahami Antropologi Pendidikan sebagai ilmu sosial


Rubrik presentasi dan quis di akhir kelas




buku
5-6
Mahasiswa memahami tentang Konsep pendidikan dalam perspektif antropologi
Konsep pendidikan dalam perspektif antropologi
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa mampu memahami Konsep pendidikan dalam perspektif antropologi
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas




15%
buku
7
UTS
10%

8-9
Mahasiswa  memahamitentang Ruang lingkup kajian antropologi pendidikan
Ruang lingkup kajian antropologi pendidikan
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit




Mahasiswa mampu memahami Ruang lingkup kajian antropologi pendidikan

Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas



10-11
Mahasiswa memahami tentang Hakikat fungsi kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
Hakikat fungsi kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa memahami Hakikat fungsi kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

10%
buku
12-13
Mahaiswa memahami Pendekatan antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan
Pendekatan antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan
· Pemaparan dan diskusi serta presentasi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa memahami Pendekatan antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

15%
buku
14-15
Mahasiswa memahmi tentang Etnografi dan masalah aneka warna manusia
Etnografi dan masalah aneka warna manusia
· Presentasi dan diskusi kelompok.
· Belajar mandiri (self learning)

2 x 50 menit


Mahasiswa dapat Etnografi dan masalah aneka warna manusia.

Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

16
UTS
15 %






Daftar Rujukan
  1. Jajat S. Ardiwinata & Achmad Hufad (2009) sosiologi antropologi pendidikan Bandung: Upi Press
  2. http://imadiklus.com/konsep-perkembangan-antropologi-pendidikan/
  3. https://bahrurrosyididuraisy.wordpress.com/research/antropologi-pendidikan/
  4. http://vghian.blogspot.co.id/2015/02/kegunaan-sosiologi-dan-antropologi.html
  5. http://al-jadiyd.blogspot.co.id/2014/02/hakekat-antropologi-pendidikan.html
  6. http://ignarest.blogspot.co.id/2012/03/peran-antropologi-pendidikan-dalam.html
  7. http://cp-artikel.blogspot.co.id/2014/02/antropologi-pendidikan.html

Bangli 20 September 2016
Prodi PGSD S1



I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd

NIDN. 0815108301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog