|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PGSD S1STKIP SUAR BANGLI
|
1
|
Nama
Mata Kuliah
|
:
|
Antropologi Pendidikan
|
||
2
|
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
MKBO113
|
||
3
|
Semester
|
:
|
V
|
||
4
|
Bobot
(sks)
|
:
|
2
|
||
5
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
I Nyoman
Sudirman, S.Pd, M.Pd
|
||
6
|
Capaian
Pembelajaran
|
:
|
Setelah mengikuti mata kuliah antropologi pendidikan
mahasiswa akan memahami konsep dasar antropologi pendidikan serta dapt di
jadikan bahan kajian dalam proses mengajar di SD
|
||
7
|
Bahan
Kajian
|
:
|
1. Hakikat antropologi dan
Pendidikan
|
||
2. Antropologi Pendidikan sebagai
ilmu sosial
|
|||||
3. Konsep pendidikan dalam
perspektif antropologi
|
|||||
4. Ruang lingkup kajian
antropologi pendidikan
|
|||||
5. Hakikat fungsi kebudayaan dalam
maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
|
|||||
6. Pendekatan antropologi dalam
mengkaji masalah pendidikan
|
|||||
7. Etnografi dan masalah aneka
warna manusia
|
|||||
8.
Acara Pembelajaran
Minggu
ke-
|
Kemampuan
Akhir yang Diharapkan
|
Bahan
Kajian
|
Strategi
/ Metode Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kriteria
(Indikator) Capaian
|
Instrumen
Penilaian /Assessment
|
Bobot
Penilaian
|
Pustaka/
Literatur
|
9
|
10
|
11
|
12
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
1
|
Mahasiswa menguasai
pemahaman tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya melalui proses
pembelajaran dengan bahan kajiannya selama satu semester
|
RPS, SAP,
kontrak perkuliahan dan Instrumen asessment
|
· Pemaparan
di kelas dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
· Penugasan
terstruktur: Membuat narasi esay tentang CP mata kuliah dan peran mahasiswa
dalam pembelajaran
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
menjelaskan dengan baik tentang CP, proses pembelajaran dan perannya dalam
pembelajaran untuk mencapai CP.
|
Rubrik
Holistk
|
5%
|
|
2
|
Mahasiswa memahami hakikat antropologi
dan pendidikan
|
hakikat
antropologi dan pendidikan
|
· Diskusi
kelompok.dan preentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa dapat
memahami hakikat antropologi dan pendidikan
|
Ruprik persentasi dan Quiz
di akhir kelas
|
20%
|
buku
|
3-4
|
Mahasiswa memahami tentang Antropologi Pendidikan sebagai
ilmu sosial
|
Antropologi
Pendidikan sebagai ilmu sosial
|
· Diskusi
kelompok.dan presentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa dapat memahami Antropologi Pendidikan sebagai
ilmu sosial
|
Rubrik
presentasi dan quis di akhir kelas
|
buku
|
|
5-6
|
Mahasiswa memahami tentang Konsep pendidikan dalam
perspektif antropologi
|
Konsep pendidikan
dalam perspektif antropologi
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami Konsep pendidikan dalam
perspektif antropologi
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
15%
|
buku
|
7
|
UTS
|
10%
|
||||||
8-9
|
Mahasiswa memahamitentang Ruang lingkup kajian antropologi pendidikan
|
Ruang lingkup
kajian antropologi pendidikan
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa mampu memahami Ruang lingkup kajian
antropologi pendidikan
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
||
10-11
|
Mahasiswa
memahami tentang Hakikat fungsi kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
|
Hakikat fungsi
kebudayaan dalam maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa memahami Hakikat fungsi kebudayaan dalam
maryarakat dan unsur-unsur kebudayaa
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
10%
|
buku
|
12-13
|
Mahaiswa memahami
Pendekatan
antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan
|
Pendekatan
antropologi dalam mengkaji masalah pendidikan
|
· Pemaparan
dan diskusi serta presentasi kelompok
dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa memahami Pendekatan antropologi dalam
mengkaji masalah pendidikan
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
15%
|
buku
|
14-15
|
Mahasiswa memahmi tentang Etnografi dan masalah aneka
warna manusia
|
Etnografi dan masalah
aneka warna manusia
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa dapat Etnografi dan masalah aneka
warna manusia.
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
||
16
|
UTS
|
15 %
|
||||||
Daftar
Rujukan
- Jajat S. Ardiwinata
& Achmad Hufad (2009) sosiologi antropologi pendidikan Bandung: Upi
Press
- http://imadiklus.com/konsep-perkembangan-antropologi-pendidikan/
- https://bahrurrosyididuraisy.wordpress.com/research/antropologi-pendidikan/
- http://vghian.blogspot.co.id/2015/02/kegunaan-sosiologi-dan-antropologi.html
- http://al-jadiyd.blogspot.co.id/2014/02/hakekat-antropologi-pendidikan.html
- http://ignarest.blogspot.co.id/2012/03/peran-antropologi-pendidikan-dalam.html
- http://cp-artikel.blogspot.co.id/2014/02/antropologi-pendidikan.html
Bangli 20 September 2016
Prodi PGSD S1
I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd
NIDN. 0815108301
Tidak ada komentar:
Posting Komentar