|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PGSD S1
STKIP SUAR BANGLI
|
1
|
Nama
Mata Kuliah
|
:
|
Pengenalan Materi dan Metode PKn
|
|
2
|
Kode
Mata Kuliah
|
:
|
MKB0125
|
|
3
|
Semester
|
:
|
III
|
|
4
|
Bobot
(sks)
|
:
|
2
|
|
5
|
Dosen
Pengampu
|
:
|
I Nyoman
Sudirman, S.Pd, M.Pd
|
|
6
|
Capaian
Pembelajaran
|
:
|
Setelah
mengikuti mata kuliah Pengenalan Materi dan Metode
Pkn mahasiswa mampu menguasi konsep materi Pkn SD dan
metode Pembelajaran PKn SD sebagai dasar untuk melakukan pembelajaran PKn di Sekolah
Dasar.
|
|
7
|
Bahan
Kajian
|
:
|
1. Warga Negara
|
|
2. Pemerintahan Di Indonesia
|
|
|||
3. Negara
|
|
|||
4. Hukum Di indonesia
|
|
|||
5. Pancasila
|
|
|||
6. UUD RI dan Amandemen
|
|
|||
7. Demokrasi Konstitusional
|
|
|||
8. HAM dan Pelaksanaannya
|
|
|||
9. Sejarah perjuangan, keragaman
dan berbangga menjadi bangsa indonesia
|
|
|||
10. Globalisasi dan kerjasama antar
Bangsa
|
|
|||
11. Model pembelajaran Pkn SD
|
|
8.
Acara Pembelajaran
Minggu
ke-
|
Kemampuan
Akhir yang Diharapkan
|
Bahan
Kajian
|
Strategi
/ Metode Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Kriteria
(Indikator) Capaian
|
Instrumen
Penilaian /Assessment
|
Bobot
Penilaian
|
Pustaka/
Literatur
|
|
9
|
10
|
11
|
12
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
|
1
|
Mahasiswa menguasai
pemahaman tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya melalui proses
pembelajaran dengan bahan kajiannya selama satu semester
|
RPS, SAP,
kontrak perkuliahan dan Instrumen asessment
|
· Pemaparan
di kelas dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
· Penugasan
terstruktur: Membuat narasi esay tentang CP mata kuliah dan peran mahasiswa
dalam pembelajaran
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
menjelaskan dengan baik tentang CP, proses pembelajaran dan perannya dalam
pembelajaran untuk mencapai CP.
|
Rubrik
Holistk
|
5%
|
|
|
2
|
Mahasiswa
menguasai pemahaman tentang konsep tentang warga negara
|
warga negara
Indonesia
|
· Diskusi
kelompok.dan preentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa
menjelaskan dengan baik tentang konsep warga negara Indonesia
Mahasiswa
bekerja dalam team (kelompok) dengan baik
|
Ruprik persentasi dan Quiz
di akhir kelas
|
10%
|
Modul dan UU
warga Negara
|
|
3
|
Mahasiswa
menguasai pemahaman tentang konsep pemerintah di Indonesia
|
Pemerintah di
Indonesia
|
· Diskusi
kelompok.dan presentasi serta feedback dalam kelas
· Belajar
mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara
pencapaiannya
|
2 x
50
menit
|
Mahasiswa
mempresentasikan pengetahuannya dengan baik.
|
Rubrik
presentasi dan quis di akhir kelas
|
modul
|
||
4
|
Mahasiswa menguasai konsep negara
|
negara
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
mengkontruksikan pengetahuannya dengan baik.
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
10%
|
modul
|
|
5
|
Mahasiswa menguasai konsep hukum di indonesia
|
Hukum di
indonesia
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
mengkontruksikan pengetahuannya dengan baik
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
|||
6
|
Mahasiswa
memahami tentang konsep Pancasila
|
Pancasila
|
· Pemaparan
dan diskusi kelompok dalam kelas.
|
2 x 50 menit
|
Mahasiswa menjelaskan konsep pancasila
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
5%
|
Modul dan buku Kaelan
|
|
7
|
UTS
|
15%
|
|
||||||
8
|
Mahasiswa
memahami tentang konsep demokrasi
konstitusional
|
Demokrasi
konstitusional
|
· Pemaparan
dan diskusi serta presentasi kelompok
dalam kelas.
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa
menjelaskan konsep pancasila
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
15%
|
Modul dan UUD serta UU HAM
|
|
9
|
Mahasiswa
mampu memahami konsep HAM dan Pelaksanaannya
|
HAM dan
Pelaksanaannya
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
2 x
50 menit
|
Mahasiswa konsep HAM dan Pelaksanaannya
.
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
|||
10-11
|
Mahasiswa mampu
memahami sejarah perjuangan bangsa, keragaman bangsa dan berbangga menjadi
bangsa indonesia
|
Sejarah perjuangan, keragaman dan berbangga menjadi
bangsa indonesia
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
4 x 50 menit
|
Mahasiswa
memahami sejarah perjuangan bangsa, keragaman bangsa dan bangga menjadi
bangsa indonesia
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
20 %
|
Modul
|
|
12-13
|
Mahasiswa mampu
memahami globalisasi dan kerja sama antar bangsa
|
Globlalisasi dan
kerjasama antar bangsa
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
4 x 50 menit
|
Mahasiswa
memahami globalisasi dan kerja sama antar bangsa
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
modul
|
||
13-15
|
Mahasiswa mampu menguasai model pembelajaran
PKN SD
|
Model
Pembelajaran SD
|
· Presentasi
dan diskusi kelompok.
· Belajar
mandiri (self learning)
|
4 x 50 menit
|
Mahasiswa
memahami model Pembelajaran PKN SD
|
Quiz
diakhir kelas dan persentasi kelas
|
modul
|
||
16
|
UTS
|
20 %
|
|
||||||
Daftar
Rujukan
1.
Kaelan (2004). Pendidikan Pancasila,
Yogyakarta: Paradigma.
2.
Kaelan (2007). Pendidikan kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma.
- Sudirman blog alamat :
http://sudirmanbayunggede.blogspot.co.id
- Sudirman (2016) Modul
Pengenalan Materi dan Metode PKN: Tidak di terbitkan
5.
Undang-Undang Dasar Negara RI 1945.
6.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.
7.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1946 Tentang Warga Negara dan Penduduk
Negara Republik
Indonesia.
8.
Udang-undang Republik
Inonesia Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM
Bangli 20 September 2016
Prodi PGSD S1
I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd
NIDN. 0815108301
Tidak ada komentar:
Posting Komentar