Jumat, 30 September 2016

Rencana Pembelajaran semesnter pengenalan matarei dan metode PKN

Description: logo STKIP1 Final
 



RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
PROGRAM STUDI PGSD S1 
STKIP SUAR BANGLI


1
Nama Mata Kuliah
:
Pengenalan Materi dan Metode PKn
2
Kode Mata Kuliah
:
MKB0125
3
Semester
:
III
4
Bobot (sks)
:
2
5
Dosen Pengampu
:
I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd
6
Capaian Pembelajaran
:
Setelah mengikuti mata kuliah Pengenalan Materi dan Metode Pkn mahasiswa mampu menguasi konsep materi Pkn SD dan metode Pembelajaran PKn SD sebagai dasar untuk melakukan pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.
7
Bahan Kajian
:
1.       Warga Negara

2.       Pemerintahan Di Indonesia

3.       Negara

4.       Hukum Di indonesia

5.       Pancasila

6.       UUD RI dan Amandemen

7.       Demokrasi Konstitusional

8.       HAM dan Pelaksanaannya

9.       Sejarah perjuangan, keragaman dan berbangga menjadi bangsa indonesia

10.    Globalisasi dan kerjasama antar Bangsa

11.    Model pembelajaran Pkn SD

8. Acara Pembelajaran
Minggu ke-
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
Strategi / Metode Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kriteria (Indikator) Capaian
Instrumen Penilaian /Assessment
Bobot Penilaian
Pustaka/
Literatur
9
10
11
12
14
15
16
17
18
1
Mahasiswa menguasai pemahaman tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya melalui proses pembelajaran dengan bahan kajiannya selama satu semester
RPS, SAP, kontrak perkuliahan dan Instrumen asessment
·   Pemaparan di kelas dan diskusi kelompok.
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya
·   Penugasan terstruktur: Membuat narasi esay tentang CP mata kuliah dan peran mahasiswa dalam pembelajaran
2 x 50 menit


Mahasiswa menjelaskan dengan baik tentang CP, proses pembelajaran dan perannya dalam pembelajaran untuk mencapai CP.

Rubrik Holistk
5%

2
Mahasiswa menguasai pemahaman tentang konsep tentang warga negara
warga negara Indonesia
·   Diskusi kelompok.dan preentasi serta feedback dalam kelas
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan

2 x 50
menit




Mahasiswa menjelaskan dengan baik tentang konsep warga negara Indonesia





Mahasiswa bekerja dalam team (kelompok) dengan baik

Ruprik persentasi dan Quiz di akhir kelas





10%
Modul dan UU warga Negara
3
Mahasiswa menguasai pemahaman tentang konsep pemerintah di Indonesia
Pemerintah di Indonesia
·   Diskusi kelompok.dan presentasi serta feedback dalam kelas
·   Belajar mandiri untuk konstruksi pengetahuan tentang CP mata kuliah dan cara pencapaiannya

2 x 50
menit




Mahasiswa mempresentasikan pengetahuannya dengan baik.



Rubrik presentasi dan quis di akhir kelas




modul
4
Mahasiswa menguasai konsep negara
negara
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa mengkontruksikan pengetahuannya dengan baik.


Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas




10%
modul
5
Mahasiswa  menguasai konsep hukum di indonesia
Hukum di indonesia
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit




Mahasiswa mengkontruksikan pengetahuannya dengan baik



Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

6
Mahasiswa memahami tentang konsep Pancasila
Pancasila
· Pemaparan dan diskusi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa menjelaskan konsep pancasila
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

5%
Modul dan buku Kaelan
7
UTS
15%

8
Mahasiswa memahami tentang  konsep demokrasi konstitusional
Demokrasi konstitusional
· Pemaparan dan diskusi serta presentasi kelompok dalam kelas.

2 x 50 menit


Mahasiswa menjelaskan konsep pancasila
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

15%
Modul dan UUD serta UU HAM
9
Mahasiswa mampu memahami konsep HAM dan Pelaksanaannya
HAM dan Pelaksanaannya
· Presentasi dan diskusi kelompok.
· Belajar mandiri (self learning)

2 x 50 menit


Mahasiswa konsep HAM dan Pelaksanaannya

.

Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

10-11
Mahasiswa mampu memahami sejarah perjuangan bangsa, keragaman bangsa dan berbangga menjadi bangsa indonesia
Sejarah perjuangan, keragaman dan berbangga menjadi bangsa indonesia
· Presentasi dan diskusi kelompok.
· Belajar mandiri (self learning)

4 x 50 menit


Mahasiswa memahami sejarah perjuangan bangsa, keragaman bangsa dan bangga menjadi bangsa indonesia
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

20 %
Modul
12-13
Mahasiswa mampu memahami globalisasi dan kerja sama antar bangsa
Globlalisasi dan kerjasama antar bangsa
· Presentasi dan diskusi kelompok.
· Belajar mandiri (self learning)

4 x 50 menit

Mahasiswa memahami globalisasi dan kerja sama antar bangsa
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

modul
13-15
 Mahasiswa mampu menguasai model pembelajaran PKN SD
Model Pembelajaran SD
· Presentasi dan diskusi kelompok.
· Belajar mandiri (self learning)

4 x 50 menit

Mahasiswa memahami model Pembelajaran PKN SD
Quiz diakhir kelas dan persentasi kelas

modul
16
UTS
20 %


Daftar Rujukan
1.       Kaelan  (2004). Pendidikan Pancasila, Yogyakarta: Paradigma.             
2.       Kaelan  (2007). Pendidikan kewarganegaraan, Yogyakarta: Paradigma.           
  1. Sudirman blog alamat : http://sudirmanbayunggede.blogspot.co.id
  2. Sudirman (2016) Modul Pengenalan Materi dan Metode PKN: Tidak di terbitkan
5.       Undang-Undang Dasar Negara RI 1945.
6.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.
7.       Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1946 Tentang Warga Negara dan Penduduk Negara Republik Indonesia.
8.       Udang-undang Republik Inonesia Nomor 39 tahun 1999 tentang HAM


Bangli 20 September 2016
Prodi PGSD S1



I Nyoman Sudirman, S.Pd, M.Pd

NIDN. 0815108301

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog