Jumat, 22 Juli 2016

Modul KW Kelas XII semester 1

BAB I
PENDIRIAN USAHA

STANDAR KOMPETENSI   :
Mengelola usaha kecil/mikro  

KOMPETENSI DASAR:
Mempersiapkan pendirian usaha

INDIKATOR:
1.        Menjelaskan prosedur pengurusan izin usaha
2.        Dokumen-dokumen perusahaan untuk mengurus surat izin usaha
3.        Menjelaskan rencana modal dalam usaha
4.        Menjelaskan cara memohon kredit dalam usaha
5.        Menjelaskan dokumen yang perlu dilampirkan dalam permohonan kredit
6.        Menjelaskan tata cara pengolahan permohonan kredit
7.        Menjelaskan pengertian tempat usaha yang srategis
8.        Menjelaskan cara memilih tempat usaha yang paling srategis
9.        Menjelaskan Cara menentukan tempat usaha yang paling srategis
10.    Menjelaskan cara menetapkan jenis barang yang diperlukan oleh konsumen
11.    Menjelaskan cara mencari produsen/ Agen yang menyediakan barang dagangan
12.    Menjelaskan cara menetapkan perencanaan pembelian barang dagangan
13.    Menjelaskan pengertian SDM
14.    Menjelaskan cara merekrut SDM
15.    Menjelaskan cara menenempatkan SDM

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Memahami cara menetapkan jenis barang yang diperlukan oleh konsumen dengan teliti
2.      Mengetahui cara mencari produsen/ Agen yang menyediakan barang dagangan dengan tepat
3.      Mengetahui cara menetapkan perencanaan pembelian barang dagangan dengan benar
4.      Mengetahui prosedur pengurusan izin usaha baru pada pihak berwenang dengan cermat dan benar
5.      Mengetahui dokumen-dokumen dalam rangka mengurus izin usaha dengan benar
6.      Menentukan rencana peminjaman modal  usaha dengan tepat
7.      Mengetahui tata cara memohon kredit dengan benar.
8.      Memahami dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan dalam permohonan kredit.
9.      Mengetahui tata cara pengolahan permohonan kredit.
10.  Memahami pengertian tempat usaha yang srategis dengan cermat.
11.  Mengetahui cara memilih tempat usaha yang paling srategis dengan teliti.
12.  Mengetahui cara menentukan tempat usaha yang paling srategis dengan tepat
  1. Memahami cara menetapkan jenis barang yang diperlukan oleh konsumen dengan teliti
  2. Mengetahui cara mencari produsen/ Agen yang menyediakan barang dagangan dengan tepat
  3. Mengetahui cara menetapkan perencanaan pembelian barang dagangan dengan benar
16.  Memahami pengertian SDM dengan jelas dan benar.
17.  Mengetahui cara merekrut SDM dengan tepat dan benar.
18.  Mengetahui cara menempatkan SDM dengan tepat dan benar.

MATERI AJAR
A. PERIZINAN USAHA
1. Pengertian perizinan usaha dagang
Izin usaha perusahaan yaitu : suatu bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak berwenang (pemerintah) atas penyelenggaraan suatu kegiatan usaha oleh setiap pengusaha dan suatu perusahaan.
Izin usaha dagang pemerintah yaitu : suatu alat atau sarana untuk membina, mengarahkan, mengawasi, menerbitkan izin-izin usaha perdagangan.   Adapun macam-macam surat izin usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah yang menyangkut izin usaha perdagangan adalah :
1.        SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
2.        SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
3.        NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
4.        NRP (Nomor Register Perusahaan)
5.        NRB (Nomor Rekening Bank)
6.        AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan )
7.        IMB (Izin Mendirikan Bangunan)
8.        Akta Pendirian Usaha dari Notaris
2.  Dokumen-dokumen perusahaan untuk mengurus surat izin usaha
1. SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
a. KTP
b. Pas foto dari pemilik
c. Salinan akta pendirian usaha dari notaries bagi badan yang berbadan   hukum.
2. SIUP (Surat Izin Tempat Usaha)
a. Perusahaan yang berbentuk PT
b. Perusahaan yang berbentuk Firma (Fa)
c. Perusahaan yang berbentuk CV
d.Perusahaan yang berbentuk Perorangan
e. Perusahaan yang berbentuk koperasi
f. Perusahaan yang berbentuk perusahaan perseorangan
3. NPWP (No Pokok Wajib Pajak)
4. NRP (No Register Perusahaan)
5. NRB (No Register Bank)
a. Fotokopi KTP
b. Kartu tanda contoh pimpinan perusahaan/bendahara perusahaan
c. Tanda setoran
d. Lembar pemberitahuan setoran
6. AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan )
a. Fotokopi KTP
b. Fotokopi akta pendirian perusahaan
c. Fotokopi surat izin pendirian usaha
d. Fotokopi no pokok wajib pajak
e.Fotokopi NRP
F. Fotokopi denah/lokasi yang menimbulkan dampak.                             
3. Cara memperoleh modal dalam usaha
Pengertian modal dalam usaha yaitu sejumlah uang dipergunakan untuk kegiatan pengelolaan usaha, selain uang barang-barang yang dipergunakan untuk pengelolaan usaha juga termasuk modal. Modal usaha dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
1)   Modal Aktif (Aktiva tetap dan Aktiva lancar), dari fungsinya ada modal tetap berwujud dan modal tetap tak berwujud serta modal kerja
2)   Modal Pasif (Modal sendiri dan Modal asing)
Modal kredit
Kredit berasal dari bahasa Yunani yaitu credere artinya kepercayaan. Pengertian kredit secara umum  yaitu suatu pemberian prestasi  (uang jasa, barang) oleh suatu pihak kepada pihak lain yang akan dikembalikan lagi pada suatu masa tertentu disertai dengan suatu kontraprestasi berupa bunga. Dalam arti ekonomi adalah penundaan pembayaran. Didalam pemberian kredit ada dua pihak yang berkepentingan langsung yaitu :
a)         Kreditur yaitu pihak yang berkelebihan uang atau pemberi kredit
b)        Debitur yaitu pihak yang membutuhkan uang atau penerima kredit
Ada 2 macam kredit yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Bank dalam rangka membantu modal usaha perusahaan kecil yaitu :
a)        KIK, yaitu kredit jangka menengah atau panjang yang diberikan kepada pengusaha/perusahaan kecil, golongan ekonomi lemah guna membiayai modal untuk rehabilitasi, modernisasi, perluasan usaha,dan usaha proyek baru.
b)        KMKP, yaitu diberikan kepada pengusaha/perusahaan kecil golongan ekonomi lemah) untuk keperluan modal kerja yaitu untuk membeli bahan baku,bahan pembantu, upah, dsb.
Cara Memohon Kredit
a.              Diajukan pada kantor cabang Bank pelaksana.
b.              Mengisi daftar isian yang formulirnya sudah disediakan oleh kantor cabang bank pelaksana yang bersangkutan.
c.  Memberikan keterangan yang lengkap dan benar mengenai keadaan keuangan dan usaha si pemohon.
Dokumen yang perlu dilampirkan dalam permohonan kredit:
a.       Akta pendirian perusahaan dan KTP
b.      Izin usaha/SIUP dan izin produksi
c.       NPWP
d.      Neraca dan perincian laporan rugi/laba serta laporan aktifitas usaha
e.       Proposal usaha
Tata cara pengolahan permohonan kredit:
a. Penelitian pendahuluan atas permohonan
b. Wawancara
c. Pemeriksaan
d. Informasi
e. Penilaian /analisis mengenai pemohon dari bank-bank lain
B. TEMPAT USAHA
1. Pengertian tempat usaha yang srategis
Tempat usaha yang strategis adalah tempat atau letak perusahaan untuk melakukan aktifitasnya berikut pemasarannya serta penjualan barang dagangan yang dapat memberikan keuntungan besar, agar pemasaran produk atau barang dagangan lebih berhasil dan terjamin.
2. Memilih tempat usaha yang paling srategis
§  Memilih tempat usaha yang paling strategis dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :
a.                                               corak barang yang disediakan,
b.                                              pelayanannya,
c.                                               penyerahan barangnya,
d.                                               kemudahan dalam transportasi.
§  Tempat usaha yang diinginkan perusahaan seperti :
a.                                                letak strategis
b.                                              dekat dengan bahan-bahan dasr
c.                                               dekat dengan pasar
d.                                              tenaga mudah didapat dan murah
e.                                               biaya transportasi murah dan mudah
f.                                               dekat dengan konsumen
g.                                              fasilitas pemerintah mendukung
h.                                              daya beli konsumen cukup potensial.
3. Menentukan tempat usaha yang paling srategis
§  Berikut yang menjadi ukuran penetapan tempat usaha yang paling srategis  yaitu:
a.                                               Dapat menjamin kelangsungan perusahaan
b.                                              Dapat menjamin kepuasan,kebutuhan para konsumen
c.                                               Adanya fasilitas pemerintah daerah
d.                                              Dapat menjamin perusahaan dan pembeli
e.                                               Transfortasi banyak dan mudah didapat dengan ongkos relative murah.
C. JENIS BARANG
1. Menetapkan Jenis Barang yang Diperlukan oleh Konsumen
Dalam rangka menyediakan barang-barang yang diperlukan oleh konsumen kita harus melaksanakan pengadaan barang dagangan,sehingga saat konsumen memerlukan barang- barang untuk memenuhi kebutuhannya dengan tepat melayaninya sesuai dengan kebutuhan dan kegunaan.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka menyediakan barang dagangan antara lain :
a.                                               menganalisis kebutuhan konsumen
b.                                              Menetapkan jenis barang daganganyang diperlukan konsumen
c.                                               Memilih kualitas sesuai dengan daya beli konsumen
d.                                              Mencari produsen/grosir/agen yang menyediakan barang
e.                                               Menetapkan pembeli
f.                                               Memesan barangyang telah ditetapkandari segi jenis mutu dan harganya.
2. Mencari produsen / Agen yang Menyediakan Barang
Setelah menetapkan barang yang diperlukan konsumen, selanjutnya menetapkan nama-nama barang tersebut tersedia,apakah dari produsen/grosir/Agen selanjutnya mencari dan menghubungi produsen  atau Agen. Dengan cara :
a.    Memasang iklan pencarian barang
b.    Mendatangi kamar dagang atau industry
c.    Mencari dalam iklan atau buku telepon
d.   Mendatangi pusat-pusat perdagangan yang dikenaal
e.    Mendatangi pameran/ exspo/fair perdagangan yang ada.
3. Menetapkan Pembelian
Dalam kegiatan pengadaan barang maka perencanaan pembelian harus dibuat secara baik dan teliti perencanaan penelitian ini merupakan dasar penetapan pembelian barang dagangan yang harus dibeli dalam rangka memenuhi atau menyediakan barang-barang yang diperlukan konsumen.
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan jumlah pembelian adalah:
a.    Lekas tidaknya barang tersebut menjadi rusak
b.    Sulit tidaknya mencari barang tersebut
c.    Kecenderungan harga
d.   Besarnya perbedaan harga pembelian.
D. SUMBER DAYA MANUNUSIA
1. Pengertian SDM
Sumber Daya Manusia adalah salah satu factor produksi yang utama,karena secanggih apapun peralatan yang dibuat oleh manusia tentu akan tetap membutuhkan manusia untuk menjalankan dan merawatnya.              
2. Cara Merekrut SDM.
Dalam pengelolaan SDM ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu :
a.    Analisis jabatan
b.    Rekuitment
c.    Orientasi kerja.
3. Cara Menempatkan SDM.
Unsur –unsur dasar kualifikasi tenaga kerja adalah :
a.    Keahlian
b.    Pengalaman
c.    Umur
d.   Jenis kelamin
e.    Pendidikan
f.     Keadaan fisik.

















LATIHAN SOAL
LATIHAN 1:
  1. Jelaskan penertian izin usaha perusahaan!
  2. Sebutkan dua macam modal dalam usaha!
  3. Jelaskan pengertian modal dalam usaha!
  4. Sebutkan dua macam modal kredit yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui bank-bank!
  5. Jelaskan pengertian kreditur dan debitur!
LATIHAN 2 :
  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tempat usaha yang strategis!
  2. Sebutkan  empat ( 4 ) faktor yang dapat mempengaruhi tempat usaha yang paling srategis!
  3. Sebutkan empat ( 4 ) macam tempat usaha yang paling diinginkan oleh perusahaan!
  4. Jelaskan mengapa dalam menetapkan tempat usaha yang paling srategis sangat penting bagi pendiri usaha?
  5. Sebutkan tiga  (3 ) ahli/ tokoh yang mengemukakan tentang pemilihan tempat usaha!
LATIHAN 3 :
  1. Sebutkan Jenis-jenis persediaan barang menurut fungsinya!
  2. Sebutkan langkah –langkah yang harus dilakukan dalam rangka menyediakan barang dagangan!
  3. Setelah menetapkan harga dari konsumen apa tindakan selanjutnya yang harus dilakukan!
  4. Sebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan jumlah pembelian yang tepat!
  5. Jelaskan pengertian dari Fluktuation stok !
LATIHAN 4 :
  1. Jelaskan pengertian SDM !
  2. Sebutkan tiga macam di dalam mengelola SDM !
  3. Jelaskan pengertian analisis jabatan!
  4. Bagaimana cara menyusun analisis jabatan !
  5. Sebutkan dua (2) jenis tes dalam wawancara tenaga kerja !











KUNCI JAWABAN
KUNCI JAWABAN LATIHAN 1:
1
Tiga Cara Memohon Kredit adalah
a.   Diajukan pada kantor cabang Bank pelaksana.
b.   Mengisi daftar isian yang formulirnya sudah disediakan oleh kantor cabang bank pelaksana yang bersangkutan.
c. Memberikan keterangan yang lengkap dan benar mengenai keadaan keuangan dan usaha si pemohon.
2
Diajukan kepada kantor cabang Bank Pelaksana
3
Dokumen yang perlu dilampirkan dalam permohonan kredit adalah
a.       Akta pendirian perusahaan dan KTP
b.       Izin usaha/SIUP dan izin produksi
c.        NPWP
d.       Neraca dan perincian laporan rugi/laba serta laporan aktifitas usaha
e.        Proposal usaha.
4
Penilaian untuk menghadapi resiko kredit adalah
a. Watak dan karakter dari pemohon
b.  Kemampuan
c. Modal
d. Kondisi
e. Jaminan
5
Tiga macam yang termasuk dalam aspek keuangan adalah
a.       Kalkulasi biaya (menguntungkan atau tidak)
b.       Analisis sumber dan penggunaan dana
c.        Analisis ratio likuiditas,solvabilitas,aktifitas,dan rentabilitas.



KUNCI JAWABAN LATIHAN 2:
1
Tempat usaha yang strategis adalah tempat atau letak perusahaan untuk melakukan aktifitasnya berikut pemasarannya serta penjualan barang dagangan yang dapat memberikan keuntungan besar, agar pemasaran produk atau barang dagangan lebih berhasil dan terjamin.
2
Tempat usaha yang srategis dipengaruhi oleh beberapa factor yaitu:
a.       Corak barang yang disediakan
b.       Pelayanannya
c.        Penyerahan barangnya
d.       Kemudahan transportasi
3
Tempat usaha yang diinginkan oleh perusahaan yaitu :
a.       Letak srategis
b.       Dekat dengan bahan-bahan dasar
c.        Dekat dengan pasar
d.       Tenaga mudah didapat dan murah
4
1. Karena sangat menguntungkan
2. Dapat memuaskan pelanggan
3. Adanya kemudahan dalam penjualan barang dagangan.
5
 Tiga ( 3 ) tokoh yang mengemukan tentang pemilihan tempat usaha yaitu :
a.       Teori Kimball and Kimball Jr
b.       Teori Spanser dan Klein
c.        Teori Alfred Weber

KUNCI JAWABAN LATIHAN 3:
1
Jenis –jenis persediaan menurut fungsinya adalah
a. Bacth stok inventory
b. Fluctuation stok
c. Antisipation stok
2
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam rangka menyediakan barang dagangan antara lain :
a.       menganalisis kebutuhan konsumen
b.       Menetapkan jenis barang daganganyang diperlukan konsumen
c.        Memilih kualitas sesuai dengan daya beli konsumen
d.       Mencari produsen/grosir/agen yang menyediakan barang
e.        Menetapkan pembeli
f.        Memesan barangyang telah ditetapkandari segi jenis mutu dan harganya.
3
Menetapkan nama barang –barang yang tersedia,apakah dari produsen/Grosir/ Agen selanjutnya menghubungi produsen /Agen.
4
Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan jumlah pembelian adalah:
a. Lekas tidaknya barang tersebut menjadi rusak
b. Sulit tidaknya mencari barang tersebut
c. Kecenderungan harga
d. Besarnya perbedaan harga pembelian
5
Fluktuation stok adalah  persediaan yang diadakan untuk menghadapi fluktuasi permintaan konsumen yang tidak dapat diprediksi.


KUNCI JAWAVAB LATIHAN 4:
1
Pengertian SDM adalah salah satu factor produksi selain peralatan untuk menjalankan usaha serta merawatnya.
2
Analisis jabatan adalah : Suatu proses untuk membuat uraian pekerjaan sedemikian rupa sehingga dari uraian tersebut dapat diperoleh keterangan-keterangan yang perlu untuk dapat menilai jabatan itu guna untuk sesuatu keperluan.
3
Cara menyusunya adalah dengan daftar pertanyaan,interview dan peninjauan oleh penganalisa jabatan.
4
Jenis tes dalam wawancara tenaga kerja adalah
a.       Achievement test
b.      Aptitude test
c.       Personality tes.
5
Unsur –unsur dalam kualifikasi tenaga kerja adalah
a.       Keahlian
b.      Pengalaman
c.       Umur
d.      Jenis kelamin
e.       Pendidikan
f.       Keadaan fisik.





BAB I I
RISIKO MENJALANKAN USAHA

STANDAR KOMPETENSI   :
Mengelola usaha kecil/mikro  

KOMPETENSI DASAR:
Menghitung Resiko Menjalankan Usaha
INDIKATOR:
1.        Menjelaskan pengertian resiko dalam usaha
2.        Menjelaskan Macam-macam resiko dalam usaha
3.        Menganalisis aspek resiko keuangan
4.        Menganalisis aspek resiko potensi pasar
5.        Menganalisis aspek resiko produk
6.        Menganalisis aspek resiko pelanggan
7.        Menganalisis aspek resiko pesaing
8.        Menganalisis aspek resiko bahan baku /bahan produksi
9.        Menganalisis aspek resiko SDM
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.        Memahami pengertian resiko dalam usaha dengan jelas dan benar.
2.        Mengetahui macam-macam resiko dalam usaha dengan teliti.
3.        Mengetahui analisis aspek resiko keuangan dengan tepat.
4.        Mengetahui analisis aspek potensi pasar dengan jelas
5.        Mengetahui analisis aspek resiko produk dengan teliti
6.        Mengetahui analisis aspek resiko pelanggan dengan tepat
7.        Memahami analisis aspek resiko pesaing dengan teliti
8.        Mengetahui analisis aspek resiko bahan baku /bahan produksi dengan tepat
9.        Mengetahui aspek resiko SDM dengan benar.

A. RESIKO
1. Pengertian Resiko Usaha.
Resiko usaha adalah segala sesuatu yang menyebabkan besar kecilnya peluang mendapatkan keuntungan . Atau dengan kata  lain adalah resiko yang dapat menyebabkan kerugian Misalnya : Tingkat kerusakan sarana prasarana produksi berkurangnya asset perusahaan, kebijakan pemerintah factor politik dan lain-lain.
2. Macam –Macam Resiko Usaha
a. Resiko Harta Perusahaan
b. Resiko Jiwa Karyawan
c. Resiko kerusakan Produk
d. Resiko kerusakan alat produksi
e. Resiko pengganti kepada pihak lain
f.  Resiko keuangan
g. Resiko pesaing
3.  Analisis Aspek Resiko Keuangan
Hasil resiko – resiko  usaha dalam aspek keuangan adalah :
a.    Adanya biaya- biaya produksi yang berlebihan.
b.    Adanya biaya –biaya perusahaan yang berlebihan.
c.    Adanya utang –utangperusahaan yang besar.
d.   Adanya pinjaman –pinjaman yang berlebihan
e.    Adanya suku bunga valuta asing dan resiko komuditas.
Dari hasil analisis, aspek produkdsi yang tinggi akan mengakibatkan resiko  harga jual produk menjadi tinggi,hingga produk sulit bersainh di pasar.masalah ini menimbulkan aspek resiko keuangan,hal ini dapat diatasi dengan menggunakan cara otomotivasi adalah salah satu jalan keluar untuk mengurangi biaya produksi, dengan berusaha menggantikan peran manusia yang tidak produktif dengan mesin-mesin yang canggih.
B. ASPEK POTENSI PASAR
1. Analisis Aspek Potensi Pasar
Menganalisis masalah aspek potensi pasar yang mempunyai daur hidup produk pendek  mempunyai resiko kesulitan tinggi untuk bertahan lama. Disi wirausaha harus dapat menganalisis masa depan usaha  dengan mengubah srateginya yang disesuaikn dengan situasi dan kondisi di pasar. Berikut analisis aspek potensi pasar dengan adanya resiko perang harga produk dapat terjadi antar sesame produsen suatu produk sejenis atau serupa’
a.    Adanya kegiatan inovasi produk yang rendah d pasar
b.    Adanya perusahaan melakukan kampanye pemasaran produk secara agresif
c.    Adanya dampak dari kapasitas produksi
d.   Adanya pasar berbentuk oligopoly.
2. Analisis Aspek resiko Produk
Dari hasil analisis masalah aspek produk terhadap resikonya adalah :
a.    Resiko terhadap daya saing produk yang sejenis di pasar dan modelnya.
b.    Resiko karena ketinggalan teknologinya.
c.    Resiko karena penarikan kembali produk- produk yang ditawarkan di pasar.
d.   Resiko produk karena adanya pemasok tidak mentaati komitmen yang mereka buat.
Agar resiko produk dapat ditekan atau dihilangkan, maka wirausahawan harus dapat melakukan :
a.    Menganalisis dan memeriksa proses dan memproduksi
b.    Menganalisis dan membuat produk yang dapat diidentifikasikan..
c.    Menganalisis dan memberikan info tentang produk kepada konsumen yang dapat memperhitungkan resiko usahanya.
d.   Menganalisis keluhan-keluhan konsumen terhadap produk yang dibelinya.
e.    Menganalisis dan mengevaluasi para pemasok barang.
Adapun analisis resiko yang berdasarkan aspek produk, resikonya adalah pasar akan menjadi jenuhkarena produk tidak bermodelatau desain baru dalam hal ini cara untuk mencegahnya adalah melakukan srategi :
a.    Menciptakan produk baru yang disenangi konsumen
b.    Mencari segmen baru dengan harapan dapat menarik minat konsumen.
c.    Memperbaiki penampilan produk baru yang memuaskan para konsumen.?
3. Analisis Aspek pelanggan
Analisis pelanggan akan membantu wirausahawan untuk dapat bertindak, dengan adanya perubahan dalam perilaku para pelanggan maka yang perlu dilakukan wirausahawan sebagai berikut :
a.    Wirausahawan harus waspada terhadap indicator sikap para pelanggan terhadap produk dan jasa yang akan dibelinya
b.    Adanya pengembalian pembelian produk oleh para pelanggan mungkin akan bertambah.
c.    Adanya penjualan produk kepada pelanggan merupakan petunjuk keberhasilan dalam usahanya atau bisnisnya
d.   Wirausahawan harus memeriksa,apakah ada penurunan dalam penjualan kredit produk oleh para pelanggan.
e.    Wirausahawan harus menambah kontak dengan pelanggan dan menentukan dimana letak kesalahannya.
f.     Wirausahawan harus cepat mengambil tindakan untuk mengembalikan situasi negative
Didalam menganalisis aspek pelanggan wirausahawan harus menitikberatkan pada hal-hal berikut :
a.    Manfaat produk yang disukai pelanggan.
b.    Jenis produk yang disenangi pelanggan.
c.    Kualitas produk yang dapat memuaskan pelanggan.
d.   Harga produk yang relaatif murah untuk pelanggan.
e.    Model dan desain produk yang disenangi pelanggan.
f.     Pelayanan yang baik dan memuaskaan pelanggan.
g.    Potongan harga ,servis pengepakan dan pengemasan yang diharapkan pelanggan.
h.    Pendistribusian yang cepat dan murah.
C. ASPEK RESIKO PESAING
1. Analisis Aspek Resiko Pesaing
Ada beberapa srategi yang harus digunakan wirausahawan agar dapat bertahan dalam persaingan yaitu :
a.    Kualitas produk yang memuaskan konsumen
b.    Pelayanan terhadap konsumen
c.    Harga produk yang disukai oleh konsumen.
2. Analisis Aspek Bahan Baku/ Bahan produksi
Mengenai analisis aspek bahan baku/bahan produksi ada resikonya seperti mudah rusak, ukuran beratnya secara langsung berpengarauh terhadap biaya tranfortasi dan biaya proses produksinya.
Analisis aspek bahan baku dan proses produksi meliputi semua barang dan bahan yang dibutuhkan oleh perusahaan dan akan digunakan untuk proses produksi.
3. Analisis Aspek Resiko SDM.
Wirausahawan perlu menganalisis dan menciptakan kondisi kerja yang produktif bagi para karyawannya dengan manajamen yang lebih terbuka dan layak serta kejelasan tugas bagi seluruh karyawannya.
Selanjutnya wirausahawan harus dapat melakukan penilaian dan mengantisipasi terhadap kemungkinan adanya resiko yaitu pemogokan karyawan, perusakan pabrik, rekruitmen pencari kerja yang adahubungan dengan SDM, kualifikasi biasanya tidak memadai.




BAB I I
RISIKO MENJALANKAN USAHA

STANDAR KOMPETENSI   :
Mengelola usaha kecil/mikro  

KOMPETENSI DASAR:
Menjalankan usaha kecil.
INDIKATOR:
1.      Menjelaskan pengertian data
2.      Menganalisis data dengan pendekatan korelasi sederhana
3.      Menganalisis data dengan pendekatan regresi linier sederhana         
4.      Menganalisis srategi produk menjalankan usaha
5.      Menganalisis srategi harga menjalankan usaha
6.      Menganalisis srategi pasar menjalankan usaha
7.      Menganalisis srategi Distribusi menjalankan usaha
8.      Menganalisis srategi promosi menjalankan usaha
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.    Memahami pengertian tentang Data dengan jelas dan benar.
2.    Mengetahui analisis data dengan pendekatan korelasi sederhana dengan tepat dan benar
3.    Mengetahui analisis data dengan pendekatan regresi linier sederhana dengan tepat dan benar.
4.    Memahami srategi mengenai produk yang diajukan kepada konsumen atau pasar dengan tepat.
5.    Mengetahui  srategi harga didalam memasarkan produk yang dimilki dengan benar.
6.    Mengetahui srategi  pasar sesuai dengan karakteristik masing-masing dengan jelas.
7.    Memahami Srategi distribusi  produk baik berupa barang maupun jasa dengan benar.
8.    Mengetahui Srategi promosi  dalam memasarkan suatu produk dengan tepat.

A. DATA
1. Pengertian Data.
Data adalah suatu keterangan atau informasi yang diperoleh dari objek yang diamati atau diteliti.Agar data baik dan valid harus memenuhi syarat-syarat obyektif,  relevan, up to date, reliable, dan representative. Cara memperoleh data ada dua cara adalah:
a.    Metode sensus
b.    Metode sampling
2. Analisis Data dengan pendekatan korelasi sederhana.
Pengertian korelasi adalah  suatu  metode analisa  dengan meneliti seberapa besar hubungan antara beberapa hal yang ada, misalnya antara pengeluaran biaya promosi dengan tingkat penjualan atau jumlah pemakaian pupuk dengan tingkat produksi  dan sebagainya.
3. Analisis Data dengan pendekatan regresi  linier sederhana.
Adalah bagaimana dengan variable satu dengan variable yang lain mempunyai hubungan dan tingkat korelasinnya.
B. STRATEGI MENJALANKAN USAHA
1.  Strategi Menjalankan usaha.
Menjalankan usaha memerlukan berbagai srategi pilihan, suatu srategi disusun berdasarkan hasil analisis dan informasi dipasar.  menjalankan suatu usaha baru terdapat berbagi jenis srategi yang dapat diterapkan dalam usaha tergantung dari kemampuan pengusaha , kondisi usaha, serta jenis usaha yang akan dijalankan.
2. Srategi Produk.
Srategi pertama yang harus direncanakan adalah srategi produk karena yang diajukan ke konsumen  atau pasar adalah produk yang dimiliki. Hal- hal yang perlu dianalisis adalah :
a.    Analisis situasi
b.    Penentuan tujuan produk
c.    Penentuan sasaran pasar atau produk
d.   Penentuan anggaran
e.    Penentuan srategi produk
f.     Evaluasi pelaksanaan srategi.
3. Srategi Harga
Harga merupakan langkah kedua sebelum srategi produk dijalankan,karena harga merupakan nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang diinginkan. Faktor –faktor yang mempengaruhi srategi harga adalah :
a.    Faktor internal  yaitu meliputi : tujuan pemasaran perusahaan, srategi bauran pemasaran ,dan biaya –biaya perusahaan.
b.    Faktor eksternal yaitu meliputi : sifat pasar dan permintaan, persaingan.
Sedangkan harga untuk produk baru adalah :
a.    Skiming price yaitu menetapkan harga yang lebih tinggi dari rata- rata kesediaan untuk membayar , umumnya saat produk tersebut dalam tahap perkenalan.
Tujuannya adalah untuk melayani pelanggan yang tidak terlalu sensitive masalah harga, untuk menutupi biaya-biaya promosi dll.
b.    Penetration price yaitu menetapkan harga pada tingkat yang relative murah atau rendah pada awal daur hidup produk.
Tujuannya adalah untuk meraih pangsa pasar yang lebih besar dan mencegah adanya persaingan atau masuknnya pesaing dalam usaha yang sama. Ada 4 bentuk harga dalam srategi ini yaitu :
1.    Harga yang dikendalikan (restrained price )
2.    Harga eliminasi (elimination price)
3.    Harga Promosi ( promotional price )
4.    Harga tameng  ( keep out Price) 
4. Srategi pasar
Pasar adalah suatu kondisi yang didalamnya terdapat seluruh pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertntu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut. Dalam srategi pasar seorang wirausaha harus dapat mengkondisikan pasar sesuai dengan karakteristik  masing- masing.Pembagian pasar dalam srategi ini adalah :
a.    Segmenting
b.    Targeting meliputi : target pertama dan target cadangan
c.    Positioning
C. STRATEGI DISTRIBUSI
1. Srategi Distribusi.
Distribusi adalah Menyalurkan suatu produk baik berupa barang atau jasa ketempat yang paling dekat dengan konsumen.
2. Srategi Promosi
Promosi adalah Sarana komunikasi antar perusahaan dengan konsumen, Dengan promosi konsumen akan mengetahui keberadaan suatu produk dan keberadaan perusahaan yang membuat atau memproduksi produk tersebut. Tujuan dari promosi adalah ;
a.    Untuk menginformasikan kepada konsumen tentang suatu produk
b.    Mempengaruhi dan membujuk konsumen agar membeli produk tersebut
c.    Mengingatkan konsumen tentang produk perusahaan yang memproduksi produk.
Macam –macam media promosi adalah :
a.    Personal selling
b.    Selling
c.    Promosi penjualan
d.   Public relations
D. USAHA KECIL
1. Pengertian usaha kecil
Usaha kecil adalah kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi yang luas kepada masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan berperan dalam mewujudkan stabilitas ekonomi pada khususnya, Dengan tujuan untuk memperoleh laba dan menjaga kelangsungan pertumbuhan usaha dalam jangka waktu yang tidak terbatas.
2. Penerapan fungsi manajamen
Pengelolaan suatu usaha sangat penting dilakukan didalam kegiatan usaha, Dimana pengelolaan tersebut dikenal dengan  proses manajamen atau kegiatan yang saling terkait satu sama lain yang dikenal dengan fungsi manajamen yaitu :
a.    Perencanaan ( planning )
b.    Pengorganisasian ( Organizing )
c.    Pengarahan ( actuating )
d.   Pengendalian ( controlling )
3. Pengertian perencanaan usaha
Adalah factor yang sangat penting dalam memulai suatu usaha, yaitu Suatu proses berkesinambungan untuk menerapkan kegiatan yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan. Manfaaat penyusunan perencanaan  adalah:
a.    Memudahkan pembuatan program kerja
b.    Memudahkan pelaksanaan kerja
c.    Pelaksanaan akan lebih terarah dan efisien
d.   Sebagai acuan dalam mengambil keputusan.




























LATIHAN SOAL
LATIHAN 1:
1.    Jelaskan apa yang menyebabkan terjadinya resiko keuangan !
2.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan resiko usaha!           
3.    Sebutkan tiga macam resiko usaha!          
4.    Sebutkan hasil resiko usaha dalam aspek keuangan!        
5.    Jelaskan pengertian resiko kerusakan produk!

LATIHAN 2:
1.         Jelaskan pengertian potensi pasar !
2.         Jelaskan pengertian produk !
3.         Jelaskan pengertian pelanggan !
4.         Sebutkan tiga macam srategi yang dapat digunaakan wirausahawan agar dapat mempertahankan produk !
5.        Jelaskan pengertian riset aspek pasar !

LATIHAN 3:
1.        Jelaskan pengertian pesaing!
2.        Jelaskan pengertian bahan baku /bahan produksi!
3.        Jelaskan pengertian SDM !
4.        Apa saja yang harus diperhatiakan dalam menganalisis aspek SDM !
5.        Resiko apa yang ada didlam penganalisisan bahan baku/ produksi !

LATIHAN 4:
1.        Jelaskan pengertian Data!
2.        Sebutkan dua (2 ) metode dalam memperoleh data !
3.        Jelaskan pengertian korelasi !
4.        Buatlah rumus persamaan regresi linier sederhana !
5.        Jelaskan persamaan regresi linier sederhana !

LATIHAN 5:
1.     Jelaskan pengertian tentang harga !
2.     Sebutkan faktor eksternal yang menjadi pertimbangan dalam srategi harga !
3.     Jelaskan pengertian tentang pasar !
4.     Apa pengertian targeting dalam srategi pasar !
5.     Apa pengertian Restrained price !

LATIHAN 6:
1.     Apa yang dimaksud dengan distribusi!
2.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai guna dari waktu!
3.     Jelaskan  apa yang dimaksud dengan Nilai guna pemilik!
4.     Apa yang dimaksud dengan promosi !
5.     Jelaskan pengertian Direct marketing !








KUNCI JAWABAN

KUNCI JAWABAN LATIHAN 1
1
Adanya utang perusahaan kepada kreditur yang berlebihan
2
Resiko usaha adalah segala sesuatu yang mengakibatkan besar kecilnya peluang mendapatkan keuntungan.
3
1.      Resiko keuangan
2.      Resiko jiwa karyawan
3.      Resiko kerusakan produk
4
Hasil resiko – resiko  usaha dalam aspek keuangan adalah :
a.       Adanya biaya- biaya produksi yang berlebihan.
b.      Adanya biaya –biaya perusahaan yang berlebihan.
c.       Adanya utang –utangperusahaan yang besar.
d.      Adanya pinjaman –pinjaman yang berlebihan
5
Resiko kerusakan produk adalah resiko kerugian karena rusaknya produk, yang disebabkan karena rusaknya alat produksi, ketidaktelitian karyawan, kadaluarsa, dan lain- lain.

KUNCI JAWABAN LATIHAN 2
1
Potensi produk adalah barang- barang
2
Produk adalah segala sesuatu yang berupa barang /jasa
3
Pesaing adalah usaha sejenis.
4
Tiga srategi yang dapat mempertahankan produk adalah
1.       Menciptakan produk baru yang disenangi oleh konsumen
2.       Mencari segmen baru pasar kecil dengan harapan dapat menarik para konsumen.
3.       Memperbaiki penampilan produk baru yang memuaskan para konsumen.
5
Riset aset pasar adalah  pengumpulan, pencatatan analisis secara sistematis atas informasi yang berkaitan dengan pemasaran produk dan potensi pasar.

KUNCI JAWABAN LATIHAN 3
1
Pesaing adalah Seorang wirausahawan yang mempunyai usaha sejenis dengan usaha yang kita jalankan
2
Produk adalah Jenis barang-barang yang akan diproduksi mulai dari bahan dasar menjadi bahan jadi yang siap dipasarkan.
3
SDM adalah Sumber Daya Manusia
4
Yang harus diperhatikan yaitu :
a.       Kejelasan tugas bagi seluruh karyawnnya.
b.       Keluhan –keluhan bagi karyawannya
c.        Penilaian terhadap karyawannya  yang tidak memenuhi kriteria keberhasilan dalam mengerakan perusahan dalam bidanya masing-masing.
5
Resiko misalnya:
a.        Mudah rusaknya bahan baku
b.        Ukuran beratnya
c.        Volumenya secara langsung berpengaruh terhadap biaya transportasi
d.       Biaya proses produksinya.

KUNCI JAWABAN LATIHAN 4
1
Data adalah Suatu keterangan atau informasi yang diperoleh dari objek yang diamati atau diteliti,baik, valid, dan memenuhi syarat-syarat obyektif,relevan, up to date, reliable, dan representative
2
Dua metode dalam memperoleh data adalah  Metode sensus dan metode sampling.
3
Pengertian korelasi adalah  suatu  metode analisa  dengan meneliti seberapa besar hubungan antara beberapa hal yang ada, misalnya antara pengeluaran biaya promosi dengan tingkat penjualan atau jumlah pemakaian pupuk dengan tingkat produksi  dan sebagainnya.
4
Rumus persamaannya dalah  Y ”= a + bx
5
Pengertian regresi linier sederhana adalah Bagaimana antara variabel satu dengan variabel yang lainnya memiliki hubungan pata tingkat korelasinya.

KUNCI JAWABAN LATIHAN 5
1
Harga merupakan langkah kedua sebelum srategi produk dijalankan,karena harga merupakan nilai dari suatu produk yang merupakan kombinasi dari total biaya produksi dan tingkat keuntungan yang diinginkan.

2
1.       Sifat pasar permintaan
2.       Persaingan

3
Pasar adalah suatu kondisi yang didalamnya terdapat seluruh pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertntu yang mana mereka bersedia dan sanggup untuk melibatkan diri dalam proses pertukaran guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.

4
Targeting adalah suatu langkah yang ditempuh oleh seorang penjual atau pengusaha untuk menentukan bagian mana dari segmen pasar yang ada dan ingin dimasuki dengan produknya.

5
Penetration price adalah : Menetapkan harga pada tingkat yang relatif murah atau rendah pada awal daur hidup produk.



KUNCI JAWABAN LATIHAN 6
1
Distribusi adalah Menyalurkan suatu produk baik berupa barang atau jasa ketempat yang paling dekat dengan konsumen.
2
Nilai guna waktu adalah dalam bk proses penyimpanan pemajangan dan pergudangan yang relative lama.
3
Nilai guna pemilik adalah Negoisasi dan pemindahan hak milik
4
Promosi adalah Sarana komunikasi antar perusahaan dengan konsumen, dengan tmengetahui keberadaan suatu produk dan keberadaan suatu perusahaan yang membuat atau memproduksi  produk tersebut.
5
Direct Marketing adalah langkah  perusahaan dengan menggabungkan semua kegiatan promosi untuk mendukung terlaksanaanya penjualan langsung tanpa perantara.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog